Jumat, 03 Februari 2012

Trik Usir Jenuh Menghadapi UAS


Kamu mungkin menganggap Ujian Akhir Semester (UAS) menjadi momok yang sangat menakutkan, akan tetapi janganlah takut atau khawatir untuk menghadapi hal tersebut. Masih ada waktu untuk mempersiapkan menghadapi UAS. Rileks saja, tetap belajar, berusaha dan jangan lupa berdoa. Namun perlu kamu ingat jika tidak fokus belajar sejak dini, maka bisa saja tugas dan materi kuliahmu keteter di akhir semester nanti.
Belum lagi perasaan jenuh kerap menghampiri saat belajar dan mempersiapkan UAS. Untuk itu kami yang mungkin bisa membantumu untuk belajar materi kuliah dan tugas guna menghadapi musim UAS.

Kami mempunyai Trik Untuk Usir jenuh Menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester). Semoga saja dapat bermanfaat untuk membantu kalian semua didalam menempuh Ujian Akhir Semester.

Trik Usir Jenuh Menghadapi UAS  (Ujian Akhir Semester) :

1. Cari teman untuk belajar
Malas mengulas ulang materi kuliah? Cari teman belajar yang asyik, rajin, dan kooperatif. Enggak mau juga kan kalau dapat teman belajar yang terlalu serius dan enggak bisa diajak kerja sama dalam membahas materi kuliah? Sstt.. Anehnya, teman belajar itu kadang bukan teman yang sehari-harinya hang out bareng kamu loh. Kamu harus bisa mengerti antara teman untuk bermain, belajar, hang out, dsb. Soalnya ini juga kan demi kebaikanmu.

2. Cari tempat asyik di perpustakaan
Daripada belajar di tempat kost atau menunggu pulang ke rumah untuk membuat tugas, lebih baik sambangi perpustakaan. Cari satu lokasi paling strategis dan nyaman untuk kamu singgahi tiap usai kuliah. Kalau missal perpustakaan di kampus kamu nilai masih belum lengkap, kamu bisa kok sambangi perpustakaan nasional didaerah kamu. Jadi, kamu dengan sendirinya akan semangat me-review materi setelah kuliah. Bisa buat referensi belajar kan? Silahkan mencoba.

3. Mulai belajar kelompok
Belajar sendiri atau dengan orang yang sama setiap harinya, mungkin bisa membuatmu bosan. Coba deh cari teman-teman yang sekiranya mau kamu ajak belajar bareng setelah ngampus. Enggak mesti setiap hari dengan kelompok yang sama sih, punya satu kelompok belajar untuk tiap mata kuliah juga bakal seru loh, apalagi kalau belajarnya di tempat favoritmu di perpustakan,atau dirumah teman kamu, dll.

4. Motivasi dirimu
Jika kejenuhan mulai menyapamu kembali, coba motivasi dirimu sendiri. Misalnya dengan memberikan hadiah tersendiri jika kamu berhasil mendapat nilai bagus di UAS mendatang. Atau jika kamu senang menulis, kamu bisa tuliskan motivasi belajar pada secarik kertas dan menempelnya di dinding. Baca ulang motivasimu, niscaya mood belajar balik lagi kok.

5. Istirahat
Kamu mungkin kerap lupa istirahat lantaran serius belajar. Sebaiknya jangan lalaikan istirahat dan juga berdoa, masukkan poin istirahat (selain tidur) dalam jadwal sehari-harimu. Kalau bisa, luangkan waktu untuk rileks bareng teman atau keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar