Sabtu, 18 Februari 2012

Visi, Misi Dan Tujuan Prodi Ilmu Komunikasi


Visi
Menjadi jurusan ilmu komunikasi berstandard nasional yang mencetak lulusan yang kritis, kreatif, bermoral, profesional, berakhlaqul karimah dan berwawasan global.
Misi
  1. Menghasilkan lulusan dibidang komunikasi yang memiliki keunggulan penguasaan teknis profesional serta kedalaman analisis konseptual.
  2.  Menciptakan iklim akademik yang berkualitas dan kondusif, dan berperan serta mengemban amanah bagi visi UIB dalam membangun reputasi sebagai kampus rahmatan lil’alamiin.
  3. Melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai pusat pengembangan kebutuhan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta turut menciptakan masyarakat mandiri yang produktif dan profesional.
  4. Mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui proses pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.
 Tujuan
Program Studi Ilmu Komunikasi UIB bertujuan mendidik dan menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana komunikasi yang kritis, memiliki kedalaman ilmu serta profesionalisme sehingga siap bersaing di dunia industri komunikasi dengan berkomitmen kepada nilai-nilai Islam. Rincian tujuan tersebut adalah:
  1. Menghasilkan sarjana komunikasi yang  memiliki wawasan  keislaman, berakhlak, terampil, berilmu amaliyah dan beramal ilmiah.
  2. Membentuk karakter sarjana komunikasi yang mampu bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan, kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah yang dihadapi masyarakat,  khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  3. Menghasilkan sarjana komunikasi yang mampu mengenali, mengamati, melakukan pendekatan dan penalaran terhadap berbagai permasalahan berdasarkan kajian ilmu komunikasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki bekal dasar ilmu pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki dasar pengetahuan umum dan pengetahuan profesi komunikasi yang cukup untuk dapat memperluas pandangan sekaligus membuka peluang karir yang lebih variatif, inovatif dan mandiri.

Tujuan dari masingmasing peminatan  konsentrasi adalah sebagai berikut:

A.    Peminatan Jurnalistik
Menghasilkan tenaga profesional di bidang jurnalisme: reporter media cetak, radio, televisi, media online; editor, penulis artikel, dan jurnalis.


B.     Peminatan Hubungan Masyarakat (PR)
Menghasilkan Humas profesional, terampil dan berwawasan luas yang memiliki kemampuan mengorganisasi, memiliki ketrampilan berkomunikasi: mendengar, berbicara, menulis dan memproduksi media   humas,   memiliki   kemampuan   menganalisis   dan   mengevaluasi   (riset,   prediksi),   memiliki personalitas yang baik dalam etika, penampilan dan kepribadian serta memiliki wawasan luas di bidang hukum, ekonomi, bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar