Kamis, 10 Mei 2012

MERUMPUT

Maliran, Ya itulah salah satu hutan yang berada di kabupaten Blitar,tepatnya di desa maliran kecamatan ponggok.Awal lahirnya desa ini adanya perang di ponegoro,sebenarnya desa ini di beri nama jati regot,tapi lama kelamaan desa ini kurang di kenal warga,sehingga di ganti nama dengan desa sumilir,hal ini di kaitkan dengan udara yang ada di daerah hutan tersebut,Sumilir artinya angina sepoi-sepoi.tapi karena lidah orang jawa,maka namanya pun berubah menjadi desa Maliran,sehingga lebih mudah untuk mengucapkany.
    Pad tahun 1999-2000,hutan ini di lengkapi dengan penangkaran rusa,dan telah di temukan kurang lebih 96 ekor rusa jenis timor leste.
Kawasan hutan ini memang cukup luas,sehingga tidak semua area hutan ini di gunakan untuk tempat penangkaran.Sehingga hal ini di manfaatkan warga sekitar untuk merumput.
    Andi,dia adalah salah satu murid SMK udan awu kelas X,salah seorang warga sekitar hutan yang memanfaatkan hutan maliran sebagai tempat merumputnya.alasan dia lebih suka merumput di hutan ini karena keadaan hutan yang subur sehingga banyak ditumbuhi rumput,hal inilah yang membuat lebih cepat mendapat rumput banyak.Merumput  dia lakukan sudah sejak kecil,awalnya dia hanya pergi ke hutan untuk merumput hanya mengikuti ayahnya,tapi karang ini dia kerjakan karena ini adalah salah satu kegiatanya.Dia biasa merumput di sore hari setelah pulang sekolah,terkecuali di hari minggu.kebanyakan warga meriumput di hutan ini untuk makanan lembu(lembu=sapi).
Tapi ada juga beberapa juga sebagai makanan kambing.
    Selain sebagai tempat penangkaran rusa dan termasuk hutan yang di lindungi maliran juga sering di jadikan tempat pencarian object yang dapat di bidik para pecinta foto.selain itu juga dapat di jadikan salah satu tempat hunting para pelajar,hal ini dapat digambarkan pada beberapa mahasiswa UNISBA  yang sempat di temui di lokasi.
Sutan,salah satu mahasiswa komunikasi UNISBA bersama rombonganya.dia mengaku bahwa maliran adalah salah satu tempat yang cocok yang dapat di kunjungi untuk orang yang ingin memanjakan mata melihat indahnya panoram hutan, atau untuk orang-orang yang ingin mengembangkan bakat tentang fotografii.”atau seperti saya yang seang mencari objek sebagai tugas kuliah”jelas sutan. @(dF!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar